Dunia Ind & AL

Sunday, March 31, 2013

It's a Long Way to San Francisco From Jakarta

Come fly with me, let's fly, let's fly away
If you could use some exotic booze
There's a bar in far Bombay

Come fly with me, let's float down to Peru
In llama-land there's a one-man band
And he'll toot his flute for you
Come fly with me, let's take off in the blue

* Come fly with me - Frank Sinatra

Ada yang tidak pernah berubah dari gw kecil sampai gw punya anak..
Gw antusias banget kalo naik pesawat, pesawat apapun, kelas apapun, pergi kemanapun...
Norak memang.. :D

Perjalanan kali ini membuat gw sangat antusias dan ada rasa sedikit kekhawatiran. Karena, ini adalah perjalanan terjauh gw, perjalanan terjauh Almer, pengalaman pertama pergi ga sama bapaknya. Jadi gw lah yg akan sepaneng sendiri kalo Almer kenapa-kenapa..
Maka, perjalanan ini dimulai dengann memanjatkan doa..

Bismillahirrohmanirohim..

Tanggal 22 Maret 2013, adalah tanggal bersejarah itu..
Gw, Almer, nyokap,tante gw. Kita berempat ikut tour "Fun Holidays" dengan Tour dari Golden Rama. Rombongan tour total ada 26 orang.. Nanti akan gw ceritakan terpisah tentang "tour ini" ya...

Tante gw, gw, nyokap.. Minus Almer yang lagi sarapan
Pesawat kita adalah Singapore Airlines berangkat dari Jakarta jam 11.15. Kita sudah di-check in kan oleh pihak Tour. Jadi terima beres, enak kann..! ^-^

Eits, tapi kita tetap datang lebih awal juga karena khawatir antrian imigrasi panjang. Ternyata benar,
kita bareng sama rombongan umroh yang jumlahnya puluhan orang juga. Dan bersamaan dengan musim libur (beberapa sekolah) Paskah & term break. Termasuk Almer yang juga lagi term break... ^-^

Perjalanan Jakarta - Singapore yang ditempuh selama 1jam30menit Alhamdulillah lancar jaya, pesawat penuh.. Kita duduk di nomor belakang sekali.

Sampai di Singapore, kita dibagikan voucher dari Changi sebesar 30 SGD. Katanya sih ini karena kita transit lama di Changi.
Panik, ketika mau tuker voucher, boarding pass Almer hilang.. >.<
Untung dibantu sama tour leader kita bisa dapatkan voucher jatah Almer itu..
Satu lagi untungnya ikut tour... :))

Kita ada waktu kurang lebih 4 jam sebelum berangkat ke Hongkong (yup, pesawatnya transit di Hongkong).
Tau dong godaan di airport Changi itu apa.. Yup godaan belanja cynnn...! :D

Alhamdulillah godaan tertahan karena Almer lapar. Dia minta makan di McD.
Untung McD di terminal yang sama dengan terminal kita datang. Ada di lantai dua transit mall.
Almer makan nugget, chick wings, nasi dari kedai "nasi lemak" yah maklum McD kan ga jualan nasi..

Pilihan gw..? Apple pie tentunya.. :))

Sepertiga perjalanan Almer ga bosen, ga rewel, ga nyari bapaknya. Adem ayem tentrem deh..
Mungkin karena Almer sudah terbiasa gw ajak jalan kemana-kemana dari bayi ya.. Hihihi..

Almer punya "mainan baru" dia isi waktu transit foto-foto pake kamera bapaknya. Emang ngasal sih dia fotonya, bisa tapi ga fokus atau kadang goyang, tapi ya sudahlah yang penging Almer enjoy.. :D

Akhirnya waktu keberangkatan ke Hongkong pun tiba... Kita berangkat dengan SQ02 pesawatnya Boing A-380 yeay..!
Seneng banget gw.. Katanya ini pesawat keren abis, ternyata yang keren yang suite class & business class nya.. :D
Economy class juga ding... Bangkunya lebih lebar.. :DD

Kita dapat selimut, tv nya juga lumayan lebar, headset untuk anak juga beda, warnanya oranye.
Satu lagi kecanggihan pesawat ini, ada wifi..!
Tapi nggak free.. *sigh *keluh

Tapi, karena rasa penasaran gw melebihi harga $10 akhirnya gw coba juga deh surfing di ketinggian puluhan ribu meter itu.
Untuk $10 itu gw lupa jatah yang kita dapetin. Tapi yang jelas gw cuma butuh waktu 10 menit untuk menghabiskan jatah gw. :DD
Gw pake buat whatsapp, check email, update path (penting...! :DD )

Prosesnya ga ribet kok, cuma ya masih mahal sik... :DD

Setelah 3jam15menit perjalanan, akhirnya tibalah kita di Hongkong..
Kita transit di Hongkong kurang lebih 1 jam.

Untung kita sampai sana jam 10.00 malam dan waktu transit yang tidak terlalu lama, jadi terhindar dari godaan cuci mata di bandara HongKong... :DD

Di pesawat Almer tidur kurang lebih 2 jam, Alhamdulillah ga rewel waktu dibangunin..

Almer katanya capek, minta gendong.. Ga ada stroller, nggak kehabisan akal kita.. Kita taruh Almer di troley, maklum kita juga udah capek gendong Almer. Almer pengertian, mau juga dia ditaruh di trolley.. ^-^

Sembari nunggu waktu boarding, Almer gw gantiin baju, gw pakein celana yang nyaman. Gw minta dia pipis dulu..
Oiya, Almer ini entah kenapa nggak mau pipis di toilet pesawat. Semenjak dia kaget denger suara flush-nya yg emang terkadang ngagetin sih yaa...

Setelah beres semuanya, kita ke ruang tunggu boarding.. Untung ruang tunggunya ada tempat bermain anak, ada tivi dan banyak anak-anak sebaya Almer juga yang ada disana. Almer jadi ga merasa kesepian..

Almer masih asik foto-foto pakai kamera bapaknya.. :)))

Perjalanan pun akhirnya dilanjutkan lagi, antrian panjang menuju pesawat nggak membuat Almer bete. Alhamdulillah.. Anakku sudah besar sekarang, sudah bisa menyesuaikan situasi dan kondisi.. :')

Perjalanan berikutnya adalah Hongkong - San Francisco, yang waktu tempuhnya adalah 14 jam. Jreng!! Berdoa lagi kita, semoga semuanya berjalan lancar dan selamat sampai tujuan...

Baru aja pesawat take off, Almer udah kelaperan..
Iya sih, perjalanan Singapore - Hongkong Almer ga makan. Sengaja ga kita bangunin, biar aja dia tidur..

Oh iya, pergi jauh sama anak kita harus bawa perlangkapan siap tempur loh.. Termasuk makanan kesukaan si anak.
Nah, makanan pembangkit selera Almer adalah pop mie.. Hehhehee..
Ini makanan yang emang gw bolehkan Almer makan kalo travelling aja..
Ya sudah, gw minta hot water ke pramugari-nya. Sama minta nasi putih juga.. :))

Ada ternyata.. Senanglah saya... ^__^

Setelah makan popmie, nonton tom & jerry. Main-main sama gw, akhirnya bobok lagi deh anak ini...

Alhamdulillah banget, Almer bener-bener ga rewel. Padahal, gw udah siap antimo anak loh.. Jaga-jaga kalo Almer ga bisa tidur.. Gw akan kasih obat itu..
Tapi kok ya ga tega... :/

Perjalanan Hongkong - San Francisco bagi gw yang ditinggal Almer tidur diisi dengan makan - tidur - makan - nonton film - nonton film - dengerin lagu dari ipod.

Pilihan hiburan banyak banget di tv di dalam pesawat. Ada Life of Pi, Argo, Silver Lining Playbooks, Lincoln, dll..

Akhirnya, setelah empat belas jam terbang dari Hongkong sampailah kita di San Francisco.

Satu jam sebelum mendarat, kita dikasih tau pilot. Maka gw persiapan dengan beberes barang-barang Almer yang gw keluarin dari koper di kabin. Kemudian gw beberes badan sendiri di toilet.

Almer benar-benar hebat dia tidur 12 jam di pesawat..

Pfuhhh...

San Francisco, here we come...

Come fly with me, let's fly, let's fly away
Once I get you up there
Where the air is rarefied
We'll just glide
Starry-eyed
Once I get you up there
I'll be holding you so near
You may hear
Angels cheer, 'cause we're together

Weather-wise, it's such a lovely day
If you say the word, we will beat those birds

*come fly with me - Frank Sinatra

1 comment:

1. Ngakak gw.. di antimo anak...lols...mgkin almer takut di antimo in.. orrr takut ke toilet..jadi paksa tidur 12 jam LOLs